Laboratorium Rekayasa Data

Laboratorium Rekayasa Data

Kepala Laboratorium Rekayasa Data : Is Mardianto, S. Si, M. Kom
Teknisi Laboratorium : Muhamad Ichsan Gunawan, S. Kom

Profil Laboratorium Rekayasa Data

Saat ini Laboratorium Rekayasa Data dilengkapi dengan perangkat sistem jaringan yang memenuhi standar CISCO.Rencana yang akan datang, Laboratorium Rekayasa Data akan fokus pada kebutuhan infrastruktur data sains seperti cloud computing untuk menangani kasus data besar (Big-Data) yang merupakan salah satu kemampuan pendukung di bidang data sains.

Kemudian untuk mendukung pemahaman mahasiswa tentang  bagaimana sebuah lingkungan Big Data dibangun, maka salah satu hal yang akan disiapkan di laboratorium ini adalah penyediaan Raspberry PI, yaitu perangkat keras yang dapat digunakan untuk melakukan simulasi atau latihan pengaturan parameter sebuah server.
Laboratorium Sistem dan Jaringan Komputer juga berencana menyediakan infrastruktur aplikasi data sains dengan jalan melakukan penyewaan server dan service pada layanan cloud seperti AWS dan Digitalocean. Sedangkan untuk perangkat lunaknya akan diusahakan penyediaan  lisensi X-Pack (Machine Learning ELK Stack) sebagai perangkat lunak analitik data.
Laboratorium Sistem dan Jaringan Komputer juga berusaha menunjang kegiatan sivitas akademika dalam melaksanakan penelitian, praktikum atau tugas-tugas dari mata kuliah, antara lain mata kuliah: Organisasi Komputer, Sistem Operasi, Jaringan Komputer, Cloud Computing serta pengembangan ilmu yang berkaitan dengan cabang ilmu Sistem Operasi, Aristektur Komputer dan Jaringan Komputer.